Error
  • Error loading feed data.

Bagaimanakah Harga Emas & Perak London “Ditetapkan”

(MahadanaLearning) Saat ini pasar emas dan pasar perak London sedang menghadapi kemungkinan penyelidikan bersama tolok ukur lainnya dalam penetapan harga, meletakkan praktik berusia seabad ini di bawah sorotan setelah skandal pengaturan Libor yang mengekspos manipulasi suku bunga secara luas oleh bank.

Commodity Futures Trading Commission AS telah terlibat dalam "beberapa" perbincangan tentang apakah pengaturan harian harga emas dan perak di London terdapat potensi manipulasi, Komisaris Scott O'Malia mengatakan pada hari Kamis (14/3), meskipun ia mengatakan situasi "belum cukup matang dalam perkembangannya," seperti yang dikutip Reuters.

Wall Street Journal, mengutip sumber tanpa nama, melaporkan pada hari Rabu (13/3) bahwa CFTC sedang memeriksa berbagai aspek dari penetapan harga emas dan perak, termasuk apakah itu cukup transparan.

Pengaturan, atau "penetapan", dari harga emas di London meneropon kembali ke 1919, dengan awalnya melibatkan NM Rothschild & Sons, Mocatta & Goldsmid, Samuel Montagu & Co, Pixley & Abell dan Sharps & Wilkins. Sedangkan penetapan harga perak dimulai pada tahun 1897.

Saat ini, penetapan harga emas terjadi dua kali sehari dengan melalui teleconference dengan lima bank, yang terdiri dari Bank of Nova Scotia-ScotiaMocatta, Barclays Bank Plc, Deutsche Bank AG, HSBC Bank USA, NA dan Société Générale. Penetapan harga ini digunakan untuk menentukan harga secara global.

Kepemimpinan dari Gold Fixing ini silih berganti setiap tahun di antara bank-bank anggotanya.

Pada awal setiap penetapan harga emas, ketua mengumumkan harga pembukaan ke empat anggota lain yang menyampaikan dan meyalurkannya ke pelanggan mereka, dan berdasarkan pesanan yang diterima mereka, menginstruksikan perwakilan mereka untuk menyatakan diri mereka sebagai pembeli atau penjual pada harga tersebut.

Harga emas disesuaikan naik dan turun sampai permintaan dan penawaran sesuai di mana titik harga dinyatakan "tetap".

Penetapan ini biasanya digunakan untuk menentukan harga spot bagi pasar bernilai miliaran dolar dari dua logam mulia yang diperdagangkan setiap hari ini.

Pembeli dan penjual bisa mendapatkan wawasan tentang perubahan harga dan tingkat bunga selama proses penetapan. Mereka dapat membatalkan, menambah atau mengurangi minat mereka berdasarkan informasi tersebut.

Pengaturan harga emas dan perak telah lama menjadi subyek perdebatan, dan CFTC pernah menyampaikan keluhan tentang pasar perak di tahun 2008.

Tetapi sebagian besar pelaku pasar percaya bahwa proses ini berjalan transparan.

 

 

Follow Us

Email Subscription

Daftarkan Email Anda:

Delivered by FeedBurner

Investment Quote

I don't look to jump over 7-foot bars: I look around for 1-foot bars that I can step over (Warren Buffett)


Loco London Gold

Berita Terkini


MetaTrader - Mahadana

Live Quotes (GMT +5)

Terbaru

Terpopuler

Ikuti Kami di Twitter