Error
  • Error loading feed data.

Indikator Ekonomi Untuk Pasar Saham AS

(MahadanaLearning) Bagi Anda yang sering mengamati pergerakan Wall Street, dengan tiga indeks saham utamanya yaitu Dow Jones, S&P 500, dan Nasdaq, seringkali pasar AS bergerak berdasarkan dirilisnya data ekonomi. Bukan hanya sisi perusahaan yang bisa menggerakkan saham-saham di bursa, berbagai pengaruh luar memiliki efek besar pada pergerakannya. Berbagai indikator ekonomi bisa berdampak pada naik turunnya harga saham secara keseluruhan.

Walaupun begitu Anda tidak harus memiliki gelar di bidang ekonomi, memahami bagaimana pengukuran ekonomi ini mempengaruhi pergerakan pasar adalah sebuah pelajaran penting. Memiliki pengetahuan tentang konsep-konsep dasar pada indikator-indikator ekonomi ini dapat berarti perbedaan antara keuntungan atau kerugian.

Produk Domestik Bruto (PDB)
Umumnya digunakan sebagai ukuran umum dari kesehatan ekonomi bagi suatu negara, Produk Domestik Bruto, atau PDB, dapat menjadi pengaruh besar pada pergerakan pasar. Pada dasarnya, GDP adalah jumlah total barang dan jasa yang diproduksi di sebuah negara tertentu itu. Ini termasuk semua konsumsi swasta dan publik, pengeluaran pemerintah, investasi dan ekspor dikurangi impor yang terjadi dalam suatu wilayah negara.

Seperti yang Anda harapkan, pengukuran kesehatan ekonomi suatu negara ini memiliki pengaruh yang besar pada tingkat pengembalian pasar saham. Setiap perubahan yang signifikan dalam PDB, naik atau turun, biasanya memiliki dampak yang signifikan terhadap arah pasar saham. Sebagai contoh, ketika suatu ekonomi yang sehat dan berkembang, diharapkan bahwa bisnis akan melaporkan pendapatan dan pertumbuhan yang lebih baik. Jelas, keuntungan yang lebih tinggi semacam ini akan memuaskan investor dari semua kasta dan akan mendorong mereka masuk ke ekuitas. Pada saat yang sama, pengukuran PDB lebih rendah dapat memiliki efek sebaliknya terhadap harga saham seiring bisnis mulai menderita.

Sebuah contoh utama dari indikator ini adalah selama resesi AS beberapa tahun yang lalu. Seiring PDB AS jatuh dan berkontraksi, indeks pasar saham, seperti S&P 500, merosot ke posisi terendah satu dekade. Dan begitu juga sebaliknya ketika ekonomi AS mulai pulih, indeks saham Dow Jones berhasil mencetak rekor tertinggi baru.

Tingkat Pengangguran / Laporan Pekerjaan
Indikator lain yang sangat kuat dalam mempengaruhi pasar saham AS adalah tingkat pengangguran. Seperti PDB, tingkat ketenagakerjaan menggambarkan pengembangan dan kekuatan ekonomi. Laporan pekerjaan dilaporkan setiap bulan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS dan menyumbang sekitar 80% dari pekerja yang memproduksi produk domestik bruto seluruh Amerika Serikat. Statistik ini digunakan untuk membantu para pembuat kebijakan pemerintah dan ekonom dalam menentukan keadaan ekonomi saat ini dan dalam memprediksi tingkat masa depan dari kegiatan ekonomi.

Pelaku pasar mengamati angka ekonomi ini dengan erat. Laporan pekerjaan (Nonfarm Payroll) dan tingkat pengangguran adalah ukuran penting dari kesehatan secara keseluruhan suatu perekonomian. Pada dasarnya, lebih banyak orang yang memiliki pekerjaan setara dengan output ekonomi yang lebih tinggi, penjualan ritel, tabungan dan keuntungan perusahaan. Dengan demikian, saham umumnya naik atau turun berdasarkan laporan kerja yang baik atau buruk, seiring investor mencerna perubahan potensial di area-area ini.

Indeks Harga Konsumen / Indeks Harga Produsen
Tangan dingin inflasi juga bisa berpengaruh langsung terhadap kinerja pasar saham. Kedua Indeks Harga Konsumen (CPI) dan Indeks Harga Produsen (PPI) mengukur perubahan harga dari sejumlah barang. Indeks Harga Konsumen menunjukkan rata-rata perubahan harga barang-barang konsumsi dan jasa di lebih dari 200 kategori yang berbeda. Data berisi harga barang-barang rumah tangga, energi, makanan dan medis yang digunakan orang setiap hari, sedangkan Indeks Harga Produsen (PPI) melacak harga rata-rata lebih dari 10.000 komoditas yang akan digunakan perusahaan untuk mengubah menjadi barang jadi.

Bagi pelaku pasar, periode inflasi konsumen dan produsen yang tinggi bisa menjadi periode-periode sulit bagi keuntungan perusahaan. Harga konsumen yang lebih tinggi untuk barang-barang dasar dapat berarti bahwa tidak akan ada uang sisa untuk membeli barang-barang tambahan lainnya, seperti latte di Starbucks. Pada saat yang sama, angka PPI yang lebih tinggi dapat mencegah perusahaan dari ekspansi atau mempekerjakan lebih banyak pekerja, karena biaya produksi barang meningkat. Pasar saham dapat naik atau turun berdasarkan sinyal yang disediakan kedua indikator tersebut.

Penjualan Ritel
Akhirnya, dengan penjualan ritel mempengaruhi hingga 70% dari PDB Amerika Serikat, angka bulanan dari kepercayaan konsumen dan data penjualan ritel yang sebenarnya menjadi sangat penting. Setiap periode extra dari penurunan dalam pengeluaran ritel, terutama di sekitar tertinggi musiman, seperti Natal, dapat memicu penurunan ekonomi dengan menurunkan penerimaan pajak kepada pemerintah dan memaksa perusahaan untuk mengurangi jumlah pekerja karena keuntungan menurun.

Selain itu, laporan penjualan ritel adalah salah satu yang berumur pendek karena menyediakan data yang hanya berumur beberapa minggu. Perusahaan ritel individu sering memberikan angka penjualan mereka sendiri disekitar waktu yang sama tiap bulan, dan laporan yang buruk dari perusahaan-perusahaan ini dapat memicu aksi jual di seluruh sektor seiring investor cemas akan penurunan saham.

Penutup
Ada pengaruh jauh lebih besar pada kepemilikan saham daripada hanya tingkat penjualan, pendapatan dan utang perusahaan, berbagai perubahan dalam perekonomian juga dapat mempengaruhi pergerakan pasar. Jika dimungkinkan, Anda harus memantau semua indikator ekonomi, dan sebaliknya, sehingga bisa mendapat sinyal perubahan di pasar saham AS. Indikator ekonomi diatas adalah beberapa data ekonomi yang dapat digunakan untuk membantu membentuk gambaran makroekonomi.

 

 

Follow Us

Email Subscription

Daftarkan Email Anda:

Delivered by FeedBurner

Investment Quote

It's far better to buy a wonderful company at a fair price than a fair company at a wonderful price (Warren Buffett)


Loco London Gold

Berita Terkini


MetaTrader - Mahadana

Live Quotes (GMT +5)

Terbaru

Terpopuler

Ikuti Kami di Twitter